Stanner Muda - Selamat datang kembali teman-teman Stanner. Kamu dari jurusan IPA? Kamu dari jurusan IPS? atau dari SMK? Dan pengin daftar PKN STAN? Pada postingan ini, saya akan membahas pertanyaan klasik yang sering ditanyakan teman-teman semua.

Saya akan bercerita berdasarkan true story atau pengalaman saya pribadi. Saya berasal dari jurusan IPA SMA. Saya akan ambil sample dari kelas saya saja. Ada sekitar 27 orang di kelas saya dan lebih dari 50% mendaftar pada USM PKN STAN 2016 dan hitungan ini hampir berlaku di kelas IPA lainnya (Ada 8 kelas IPA). Untuk jurusan IPS ada 3 kelas dan lagi-lagi lebih dari 50% yang mendaftar USM.

Sampai sini udah bisa ambil kesimpulan? Sebaiknya simak lagi :v

Saya skip langsung ke tahap saya udah posisi mahasiswa. Saya ditempatkan di salah satu Balai Diklat Keuangan di Kalimantan. Ada sekitar 100an mahasiswa di BDK tersebut. Kembali saya ambil sampel dari kelas yang saya tempati. Ada 27 orang mahasiswa terdiri atas 80% dari jurusan IPA, 10% dari jurusan IPS, dan 10% dari jurusan di SMK.

Sudah keliatan? Pasti sudah.

Kenapa sih bisa demikian?

Saya berpendapat begini, porsi anak yang mendaftar dari IPA memang lebih banyak daripada anak IPS atau SMK. Dan biasanya, anak-anak yang bisa survive atau lolos dari tahap 1 kebanyakan dari anak IPA. Mungkin karena anak IPA lebih di hitungannya dan anak IPS unggul di hafalannya.

Tapi...

Tenang saja, semua akan dimulai dari 0 pada saat kalian mulai kuliah. Semua mata kuliah yang akan dipelajari, semuanya fresh. Kecuali kalian yang sudah pernah belajar Statistika dan Akuntansi akan sedikit terbantu.

Uraian cerita saya di atas tidak untuk menakut-nakuti teman-teman :v hanya memberikan sedikit gambaran real-life di kampus berdasarkan pengalaman saya.

Yuk berikan tanggapan kalian di kolom komentar di bawah :)

*) Saya menerima Saran dan Kritikan, silakan email ke heryandwiyoga@gmail.com.


Facebook Google twitter
Kata kunci: Kebanyakan Anak IPA atau IPS di PKN STAN
ghinz
September 24, 2017 at 7:15 PM
10% sisanya darimana kak?
Heryan Dwiyoga Putra [Admin]
September 24, 2017 at 9:23 PM
Ghina Zhafira @ dari mana hayo :D
Unknown
September 25, 2017 at 5:05 AM
Doain aku ka biar masuk stan
let know me
September 30, 2017 at 9:19 AM
:3 saya IPS moga lolos
Unknown
February 23, 2019 at 12:21 AM
Lapangan kerja buat pkn stan itu gimana ya kak
Unknown
March 24, 2019 at 7:49 PM
Saya juga dari IPA, rata rata temen saya blg nya "sayang belajar IPA 3 taun ujung ujungnya STAN" tp saya tetep minatnya di stan :)) semoga lolos STAN 2020
WELCOME
December 25, 2019 at 8:37 PM
Jdi anak IPA bisa msk stan?