Stanner Muda - Selamat datang kembali! Setelah membahas Ujian Tulis dan Tes Kesehatan dan Kebugaran, sampailah ke tahap terakhir atau ketiga yaitu Tes Kompetensi Dasar atau Seleksi Kompetensi Dasar.


Seleksi dengan menggunakan TKD / SKD tergolong baru karena baru dimulai pada tahun 2016. Biasanya TKD/SKD dilaksanakan setelah mahasiswa lulus dari PKN STAN. Ada keuntungannya kalau TKD/SKD dilaksanakan di depan yaitu mahasiswa yang lolos TKD setelah lulus tidak akan melakukan ujian tersebut dan bersiap untuk Magang/OJT. 

Mahasiswa 2015 ke bawah setelah lulus harus menghadapi TKD. Mahasiswa diberi kesempatan tiga kali mengulang, apabila gagal mahasiswa tersebut tidak bisa melanjutkan alias gugur. Sayang kan? Tapi saya yakin, mahasiswa PKN STAN bisa melewatinya.

Oya, TKD/SKD menggunakan sistem CAT. Apa itu CAT? Kucing? Bukan -_-

CAT adalah Computer Assisted Test. Ujian yang dilakukan dengan komputer. Buat temen-temen yang udah pernah UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) pasti nggak asing.

http://cat.bkn.go.id

Kenapa pakai komputer? Apakah kita harus bawa komputer sendiri? 

Ujian dengan komputer dianggap lebih efektif karena hasil dari ujian akan langsung muncul dan dapat dipantau dari luar ruang ujian. Misal orang tua mau mantau kerjaan anaknya, bisa keliatan udah ngerjain berapa, bener berapa, salah berapa, skornya berapa.

Kalian tidak perlu membawa komputer sendiri karena komputer sudah ada di lokasi ujian kalian.

http://cat.bkn.go.id

Bisa nyontek lah kalo sebelahan?

Duh, jangan harap ya. CAT punya ribuan soal yang muncul secara random di komputer tiap-tiap peserta ujian. Jadi, satu ruangan tidak akan sama*.

http://cat.bkn.go.id
Udah dulu intermezzo-nya, lanjut tentang apa aja isi dari tes ini.

Total ada 100 soal yang akan kalian kerjakan. Terbagi ke dalam tiga bagian soal, 30 TWK, 35 TIU, dan 35 TKP.

TWK (Tes Wawasan Nusantara)
Tes ini berisi tentang wawasan nusantara seperti Nilai-nilai Pancasila, UUD, Badan Pemerintahan, dan seputar Kemerdekaan.

TIU (Tes Intelegensi Umum)
Tes ini kurang lebih sama dengan saat TPA di tahap 1 seperti deret hitung.

TKP (Tes Karakteristik Pribadi)
Tes ini berisi berbagai pernyataan seperti apa yang harus dilakukan. Tidak ada nilai 0 dalam TKP. Jadi, semua jawaban ada nilainya dengan range 1-5.

Terus gimana penilaiannya?

TWK dan TIU memiliki skor benar 4, salah (-1), dan tidak di jawab 0. 

Sedangkan TKP nilainya tergantung jawaban temen-temen, yaitu 1-5. Misal jawaban A nilainya 3, jawaban B nilainya 5, semua itu tergantung soal dan jawaban yang muncul.

Ada standar kelulusannya lho ...

Kalian harus mempunyai minimal skor berikut untuk dinyatakan lulus.
TWK 75
TIU 80
TKP 143

Nah , udah paham kan temen-temen.

Bagi temen-temen yang mau Simulasi CAT, bisa ke link ini http://cat.bkn.go.id/simulasi/ (hanya dibatasi 1500 pendaftar per harinya)

Selamat belajar dan selamat datang di PKN STAN :D

*) Saya menerima Saran dan Kritikan, silakan email ke heryandwiyoga@gmail.com.


Facebook Google twitter
Kata kunci: Tes Kompetensi Dasar USM PKN STAN