Stanner Muda - Selamat datang di blog saya ini :) . Kita lanjutkan untuk membahas tentang USM tahap 2 yaitu Tes Kesehatan dan Kebugaran. Sebenernya udah pernah saya bahas di postingan ini Mengenal Tes Kesehatan dan Kebugaran USM PKN STAN. Tapi nggak papa tak ulang lagi di sini biar lebih jelas :D .

Tes Kesehatan dan Kebugaran dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu:

Tes Kesehatan
Tes Tensi
Tes Mata
Tes Tinggi Badan dan Berat Badan
Tes Varises*
Tes Ambeyen*
Tes Gigi*

Tes Kebugaran
Lari 12 Menit
Shuttle Run

Berikut keterangan dari masing-masing tes:

Tes Kesehatan
Tes Tensi
Teman teman akan di cek tensinya. Apabila terlalu tinggi teman-teman harus rileks (menenangkan pikiran, menarik nafas,dll). Apabila terlalu rendah teman-teman harus pemanasan terlebih dahulu. Menurut pengalaman, tensi normal berada dikisaran 120/80. Pada tes ini, jika teman-teman terlalu tinggi/rendah dan tidak kunjung berada di sekitar normal, teman-teman dianggap tidak bisa melanjutkan ke tahap kebugaran atau gagal.

Tes Mata
Teman-teman pada tes mata akan di cek mengenai buta warna,plus/minus. Untuk persyaratan BC teman-teman maksimal hanya 2 dioptri.

Tes Tinggi Badan dan Berat Badan
Tinggi dan Berat badan harus ideal? Tidak. Paling tidak mendekati normal(sehat), tidak over.

Tes Varises
Varises yang tidak terlalu parah atau bisa ditoleransi.

Tes Ambeyen
Di beberapa lokasi pendaftaran ada yang dites kan dan tidak (hanya ditanya).

Tes Gigi
Di beberapa lokasi pendaftaran ada yang dites kan dan tidak (hanya ditanya).

Tes Kebugaran
Untuk mengikuti tes kebugaran ini teman-teman haruslah dinyatakan lulus pada tahap Tes Kesehatan di atas. Paling berpengaruh adalah Tensi. Kalau tensi terlalu rendah/tinggi teman-teman tidak diijinkan.

Lari 12 Menit
Lari 12 Menit? Ya, lari selama 12 menit. Teman-teman diharuskan untuk berlari selama 12 menit mengelilingi lapangan. Berapa panjang lapangan? setiap lokasi pendaftaran berbeda. Ada batas minimal buat lari? Untuk batas tidak ada. Larilah sekuat tenaga dan sekuatnya. Apabila dirasa tidak sanggup dan membahayakan, silahkan berhenti. Berlari dengan wajah terpaksa juga akan mempengaruhi :D jadi have fun aja.

Shuttle Run
Apalagi nih shuttle run? Lari membentuk angka delapan selama 3 kali. Nah, dalam 3 kali itu teman-teman bisa berapa detik. Batasnya berapa kak? Batasnya tidak ada. Silahkan lari sekencang-kencangnya.

Ada yang masih bingung??? Komentar saja di bawah 

*) Saya menerima Saran dan Kritikan, silakan email ke heryandwiyoga@gmail.com.


Facebook Google twitter
Kata kunci: Tes Kesehatan dan Kebugaran USM PKN STAN