Stanner Muda - Setelah membahas tentang Tahapan USM PKN STAN , mari kita bahas satu persatu dari Ujian Tertulis. Ujian tertulis di USM PKN STAN terdiri dari TPA dan TBI. Apa sih TPA dan TBI itu? Mari kita bahas.
Yang pertama kita bahas adalah TPA. TPA atau Tes Potensi Akademik adalah ujian yang berisi soal-soal seperti menentukan sinonim, antonim, padanan kata, hubungan kata, deret angka, persamaan dasar, dan mengurutkan gambar. Jumlah soal untuk TPA adalah 120 soal.

Cuplikan TPA dari soal USM 2017
Yang kedua adalah TBI. TBI atau Tes Bahasa Inggris adalah ujian yang berisi soal-soal seperti Structure and Written Expression, Error Recognition, dan Reading. Pada bagian ini biasanya yang dianggap sulit adalah bagian Error Recognition. Jumlah soal untuk TBI adalah 60 soal.

Cuplikan soal Structure and Written Expression - USM 2017
Cuplikan soal Error Recognition - USM 2017
Cuplikan soal Reading Comprehension - USM 2017
Setiap bagian ujian tulis, TPA dan TBI, mempunyai nilai mati atau batas minimal untuk bisa dikatakan lulus dan dapat mengikuti proses perangkingan. Nilai Mati sudah dibahas pada postingan Apa sih Nilai Mati di USM ? 

Bagi teman-teman yang membutuhkan latihan soal dan sedikit materi USM PKN STAN dapat mengakses link berikut http://file.heryan.web.id.

Sekian yang bisa saya bahas pada Ujian Tulis. Segala pertanyaan bisa disampaikan melalui email atau kolom komentar di bawah ini.

Sukses selalu!

*) Saya menerima Saran dan Kritikan, silakan email ke heryandwiyoga@gmail.com.


Facebook Google twitter
Kata kunci: Ujian Tertulis USM PKN STAN